On The Spot

Puasa Ramadhan

Kemarin aku pulang lagi di kampungku di Gresik, menikmati buka puasa ramadhan di hari yang ketujuh ini, jadi kangen kampungku yang di Trenggalek hihihi. Dan telingaku mendengarkan sebuah suara.

Masih terngiang lagi lantunan pujian sehabis adzan isya itu... Mengingatkanku pada masa kecilku dulu di kampungku yang tenang dan damai... Ya, memang damai sekali. Pun nama kecamatannya juga kecamatan Kedamean alias Kedamaian... Lantunan pujian itu seperti ini:

"Niat ingsun pasa wulan ramadhan (wulan ramadhan), nutuk pasa dina mene (sadina mene), sadina mene fardhune wulan ramadhan, itulah shaum krana Allah Ta'ala..."


Yup, bait pujian di atas adalah niat puasa ramadhan, dan itu kini mengingatkanku selalu saat masa kecilku dulu. Rebutan untuk melantunkan pujian tersebut dengan anak-anak sebayaku (waktu itu aku masih SD sekitar kelas 6-an). Setelah itu shalat tarawih berjamaah di masjid di kampungku. Setelah selesai tarawih, aku langsung bergegas ke warung depan masjid yang menjual makanan (makanan apa minuman ini yang benar?) semacam bubur kacang hijau yang biasa dulu kusebut ansle atau mungkin ada beberapa orang yang menyebutnya cemoe. Paling enak disantap selagi hangat.... (jadi ngiler nih ngebayangin saat-saat itu).

Rasanya lapar seharian setelah paginya sekolah SD dan sorenya sekolah MI seperti langsung hilang ditelan enaknya ansle hangat.... Wahhh...... Rasanya seperti sudah di tenggorokan nih.... hehe...

Ohya... Anang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menunaikan. Ampun & Maaf andainya ada salah dan silap perbuatan mahupun kata dan ucapan yang pernah terlontar. Semoga sentiasa pintu maaf boleh selalu terbuka... Semoga beroleh keberkatan dalam menjalani ibadah puasa. Tahniah... (weh.. jadi malay gini.... hehe).

Entri Populer