On The Spot

Obama Minta Israel dan Hamas Akhiri Serangan

Barack Obama

Liputan6.com, Washington DC: Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama berbicara jelas untuk kali pertama setelah dilantik mengenai kebijakannya tentang konflik di Jalur Gaza, Palestina. Obama mendesak Hamas menghentikan serangan roket mereka ke Israel. Sedangkan Israel diminta menarik seluruh pasukannya dari Gaza.

Pernyataan itu disampaikan usai menggelar pertemuan dengan staf Kementerian Luar Negeri AS didampingi Wakil Presiden Joe Biden dan Menlu Hillary Rodham Clinton. "Kami akan terus membela hak Israel untuk membela diri dari ancaman. Bertahun-tahun Hamas menyerang Israel dengan roket. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip demokrasi," kata Obama.

Sebelumnya, Obama dilaporkan menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, serta Presiden Mesir Husni Mubarak. Obama ingin menegaskan komitmennya mewujudkan perdamaian di Timur Tengah. "Seperti halnya roket yang menyerang warga Israel, masa depan warga Palestina harus mendapat perhatian," ujar Obama.(YNI)

sumber:
http://www.liputan6.com

Entri Populer