On The Spot

Belanda Masih Jauh

Ya, jika dinalar Belanda dan Indonesia memang terletak di benua yang berbeda dan terpisah oleh lautan dan banyak negara-negara. Puluhan ribu kilometer jarak yang terbentang antara dua negara ini. Tidak ada yang aneh bukan?

Kalimat Belanda masih jauh ini begitu populer di masa penjajahan dulu di kalangan masyarakat Jawa dan masih tetap eksis hingga saat ini. Makna yang terkandung dalam pameo ini pun belum luntur, tidak usah terburu-buru pada sesuatu perkara.

Pada masa penjajahan Belanda dulu, kegiatan 'gerilyawan' Indonesia adalah lari untuk menghindar saat ada patroli yang dilakukan oleh serdadu dan centeng Belanda. Sementara itu kalau sedang tidak ada patroli Belanda, mereka akan menjarah dan memeras orang-orang kampung serta menagih upeti.

"Tenang saja Belanda masih jauh," kata mereka. Kurang lebih kalimat tersebut bisa diterjemahkan sebagai berikut "Tidak usah buru-buru lari," atau "Tidak perlu cepat-cepat larinya, karena (patroli) Belanda masih jauh,"

Inilah yang sudah membudaya selama berabad-abad di masyarakat Indonesia. Terlalu menyepelekan dan menggampangkan sesuatu. Ayo kita berubah.... "Belanda sudah dekat....!!"

Entri Populer