On The Spot

Satu Gol Keane = Rp 18 Miliar!

ROBBIE Keane akhirnya kembali ke pangkuan Tottenham Hotspur. Enam bulan bersama Liverpool, striker asal Irlandia itu hanya menuai hasil mengecewakan.
Bulan Juli lalu, Keane dibeli The Reds (julukan Liverpool) dari Spurs (sebutan Tottenham) senilai GBP 20 juta (Rp 330 miliar). Namun klub Merseyside itu harus rela mengembalikan Keane ke White Hart Lane (kandang Tottenham) kabarnya hanya senilai GBP 12 juta (195 miliar). Baik kubu Liverpool dan Tottenham memang tidak memberikan konfirmasi resmi berapa besar nilai transfer mantan pemain Leeds United dan Inter Milan ini.Liverpool jelas tekor. Selama berseragam The Reds, Keane hanya mencetak tujuh gol dari 28 kali kesempatan tampil. Jika dihitung-hitung, sebiji gol Keane seharga GBP 1,1 juta atau lebih Rp 18 miliar! Selain itu, Keane total tampil selama 1.578 menit di bawah asuhan Rafael Benitez. Ini berarti Liverpool harus membayar Keane GBP 5.070 (Rp 83,6 juta) per menitnya.
Toh, ini mungkin jalan terbaik bagi semua pihak. "Kami senang mengumumkan bila kami sudah mencapai kesepakatan atas transfer Robbie Keane kembali ke klub ini dari Liverpool. Kesepakatan pribadi juga sudah disetujui dan tes medis telah dilewati," demikian pernyataan resmi Tottenham.
Kini, Keane akan memulai petualangan baru (tapi lamanya) bersama The LilyWhites (sebutan lain Tottenham) saat melakoni derby London Utara melawan Arsenal dalam lanjutan Premier League akhir minggu ini. “Beberapa fans Spurs akan merasa sakit hati ketika saya meninggalkan klub ini, tapi saya jami saya akan memberikan kemampuan terbaik saya,” janji Keane.
Dalam perkembangan lain,
Chelsea membuat gebrakan menjelang ditutupnya bursa transfer paruh kedua dengan meminjam gelandang sayap Ricardo Quaresma dari klub Serie A Inter Milan. Pemain berkebangsaan Portugal itu dipinjam The Blues hingga akhir musim nanti. Pemain berusia 25 tahun itu menjadi satu-satunya rekrutan Chelsea di bursa Januari ini.
Di Stamford Bridge, Quaresma akan bereuni dengan pelatih Luiz Felipe Scolari yang pernah melatihnya di tim nasional Portugal serta lima rekan senegaranya, Deco, Ricardo Carvalho, Jose Bosingwa, Hilario dan Paolo Ferreira.
Scolari memproyeksikan Quaresma sebagai pengganti gelandang sayap tim nasional Inggris Joe Cole yang mengalami cedera lutut parah dan harus absen hingga akhir musim.
Quaresma memang tampil buruk bersama Inter sejak didatangkan dari FC Porto dengan bandrol 18,6 juta euro. Pemain binaan Sporting Lisbon itu lebih sering duduk di bangku cadangan. Selain itu Quaresma pun dinobatkan sebagai Pemain Terburuk tahun 2008 di Serie A sehingga berhak mendapatkan trofi Tempat Sampah Emas.

Entri Populer