On The Spot

Blogger Search Box

Tips ini mungkin berguna bagi anda blogger yang ingin semua bagian dari artikel-artikel anda tetap bisa terjamah oleh para pengunjung setia blog anda, ini adalah sebuah cara yang lumayan ampuh. Yaitu memasang sebuah kotak pencarian alias search box pada blog anda, yang tentunya bisa mencari kata kunci yang ada pada blog anda.

Namun seringkali kotak pencarian tersebut memperlihatkan hasil-hasil pencariannya di tempat yang lain, tempat yang tidak semestinya yang malah tidak efektif untuk dilihat.

Salah satu contohnya adalah Google search box yang kita tanam di blog kita. Saat kita memasukkan kata kunci dan mulai dalam pencarian, maka hasil pencarian tersebut akan langsung ditampilkan dalam halaman muka Google itu sendiri, bukan di tampilan muka blog kita.

Mengadopsi dari navbar Blogger yang ada pada bagian paling atas, di sana terdapat sebuah kotak pencarian, maka kita pun bisa menampilkannya pada bagian manapun di blog kita, semau kita. Seperti kotak pencarian yang ada pada sisi kanan blog saya ini. Anda cukup memasukkan kode ini di bagian mana saja pada blog anda:

<p><form id="searchthis" action="/search" style="display:inline;" method="get">
<input id="search-box" name="q" type="text"/>
<input id="search-btn" value="Search!" type="submit"/>
</form></p>


Hasilnya akan seperti ini, silahkan dicoba.

Masukkan kata kunci

Setelah anda memasukkan kata kunci dan memulai pencarian, maka hasil pencariannya akan segera ditampilkan pada halaman utama blog anda sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan.

Entri Populer